Tinta cetak offset ini memiliki sifat yang sama dengan tinta-tinta yang kita kenal selama ini. Ada banyak pilihan warnanya. Namun perbedaannya adalah pada komposisi dan sifatnya. tinta cetak offset digunakan khusus dipakai untuk kegiatan percetakan atau grafika.

Sistem kerja dari tinta untuk cetak offset ini pun sama dengan prinsip kerja jenis tinta yang lainnya, yakni akan meresap ke objek yang dikenainya. Namun untuk tinta ini ada alat khusus yang dipakai. Bahkan sebelum dikenai tinta, sudah ada cetakan desain yang dipersiapkan. Selanjutnya saat ditekan tinta akan memenuhi bidang gambar yang diinginkan

Fungsi dan Manfaat Tinta Cetak Offset
1. Pigmen yang akan membuat hasil cetak tahan dari air
Jadi tidak seperti hasil printing yang akan luntur jika ketetesan air sedikit saja. Pigmen ini terdiri dari pigmen organik yang berasal dari minyak bumi, batu bara, atau dari tanaman. Kemudian ada juga pigmen carbon black yang merupakan hasil dari pembakaran gas alam dan minyak bumi. Serta ada juga pigmen anorganik sebagai kebalikan dari pigmen organik. Proses mendapatkannya melalui olahan pabrik.

2. Vernis yang berupa minyak pengikat partikel-partikel pada tinta
Hasilnya tinta menjadi rapi dan menempel kuat pada bidang cetak. Selain itu vernis ini juga memberikan efek kerlip atau mengkilap pada hasil cetakan. Komponen yang mendukungnya adalah resin, minyak serta minyak tidak mengering.

3. Bahan additive sebagai penyempurna tinta yang digunakan
Bahan ini disebut juga dengan bahan penolong. Beberapa jenisnya adalah bahan pengering, plastizier, anti set-off serta bahan pelarut.

Related Links